Sumber Daya Karya Rekayasa Elektronika dengan Kendali Otomatis


Printer 3 Dimensi

Sumber Daya Karya Rekayasa Elektronika dengan Kendali Otomatis

Sumber daya karya rekayasa elektronika dengan kendali otomatis termasuk salah satu yang harus diketahui oleh calon pengusaha.

Identifikasi Kebutuhan Sumber Daya Usaha Karya Rekayasa Elektronika dengan Kendali Otomatis.


Sumber daya usaha karya rekayasa elektronika dengan kendali otomatis adalah hasil produk elektronika dengan kendali otomatis yang dihasilkan dari usaha rekayasa. Identifikasi kebutuhan sumber daya usaha karya rekayasa elektronika dengan kendali otomatis terdiri dari 6M.
  • Man, Manusia adalah unsur utama yang melaksanakan usaha mulai dari proses produksi, menajemen, pemasaran alat elektronika kendali otomatis.
  • Materials; Bahan dan alat adalah salah satu perlengkapan dalam proses produksi alat elektronika dengan kendali otomatis. Penggunaan bahan dan alat mempengaruhi dalam proses produksi, tanpa adanya bahan dan alat produksi maka tidak akan terjadi proses produksi.
  • Machine; Mesin merupakan salah satu alat bantu dalam proses produksi alat elektronika dengan kendali otomatis. Tanpa mesin maka proses produksi akan berjalan lama.
  • Methods; Metode adalah salah satu cara yang dipakai oleh pengusaha dalam melaksanakan poses produksi alat elektronika dengan kendali otomatis.
  • Money, Uang merupakan salah satu alat yang digunakan untuk melakukan proses transaksi pembelian bahan baku produksi, mesin dan membayar karyawan.
  • Market; Pemasaran alat elektronika dengan kendali otomatis dilihat berdasarkan daya beli konsumen, manfaat produk dan lain-lain.

Kebutuhan Material dan Sistem Produksi Tepat Waktu Karya Rekayasa Elektronika dengan Kendali Otomatis


Selain unsur manajemen 6M (Men and Women, Materials, Machine, Methods, Money, Markets), pengenalan material alat elektronika dengan kendali otomatis sangat penting. Material adalah bahan yang diperlukan untuk membuat barang lain. Berikut ini adalah beberapa bahan dan alat yang dibutuhkan dalam membuat Robot Laron.

a. Bahan Pada Sistem Elektronika 


  1. Resistor. Resistor adalah komponen elektronika yang digunakan untuk membatasi arus yang mengalir pada rangkaian elektronika. Ukuran daya yang biasa dipasaran antara lain 1/4 W, 1/2W, 1W, 2W, 5W, 10W, dan 20W. Berikut adalah macam-macam resistor antara lain.


Tabel Gelang Warna Pada Resistor

No Warna Gelang Ke-1 Gelang Ke-2 Faktor Pengali Toleransi
1. Hitam 0 0 1 -
2. Cokelat 1 1 10 1%
3. Merah 2 2 100 2%
4. Jingga 3 3 1000 -
5. Kuning 4 4 10000 -
6. Hijau 5 5 100000 -
7. Biru 6 6

106
-
8. Ungu 7 7

107
-
9. Abu-abu 8 8

108
-
10. Putih 9 9

109
-
11. Emas - - 0,1 3%
12. Perak - - 0,01 10%
13. Tak Berwarna - - - 20%

Contoh permasalahan:
Bila diketahui gelang warna merah, hijau, orange dan emas. Berapakah nilai hambatan resistor tersebut? 
Penyelesaian Diketahui 
Gelang ke 1 merah = 2 
Gelang ke 2 hijau = 5 
Gelang ke 3 orange, = x 1000 
Gelang ke 4 emas = 5% 
Ditanya Nilai Hambatan resistor? 
Dijawab 
Jadi nilai hambatan resistor adalah 25000 ±5% atau 
Nilai hambatan maksimum adalah 25000 + (25000 x 5%) - 26250 𝛺
Nilai hambatan minimum adalah 25000 - (25000 x 5%) - 23750 𝛺

(a) Resistor Tetap
Resistor tetap adalah resistor yang bernilai tetap dengan disusun menggunakan cincin warna. Resistansi resistor dapat diketahui dengan multimeter atau dengan membaca gelang warnanya. Masing-masing gelang warna memiliki nilai yang berbeda berdasarkan urutannya. lihat tabel gelang warna pada resistor diatas.


(b) Resistor Variabel

Resistor variabel adalah salah satu resistor yang nilainya dapat diubah-ubah sesuai kebutuhan. Pada resistor variabel terdiri dari potensiometer dan trimpot. Potensiometer adalah salah satu komponen esistor dengan tiga terminal. Sedangkan trimpot adalah suatu komponen resistor tiga terminal.





2. Dioda; Dioda adalah suatu komponen penyearah. Termasuk komponen aktif. Dioda terdiri dari dioda penyearah, dioda zener, power rectifier, LED dan Photodioda. LED adalah salah satu jenis dioda yang dapat memancarkan cahaya gelombang elektromagnetik. Photodioda adalah suatu komponen yang digunakan sebagai sensor cahaya.

3) Transistor, Transistor adalah salah satu komponen dengan tiga kaki yang digunakan untuk penguat dan switch. Transistor terdiri dari bipolar transistor, NPN, PNP, dan FET transistor

4) IC LM324; IC LM324 adalah suatu komponen yang biasa disebut dengan OP-AM. IC LM324 termasuk komponen elektronik yang fungsinya sebagai amplifier.

5) White House 2 PIN/Konektor 2 Pin 

b. Bahan Sistem Mekanik 

  1. Paper Clips; Paper clips dalam pembuatan mekanik robot laron digunakan sebagai dudukan motor DC ' dan penyangga bagian belakang robot laron.

  2. Tempat Baterai AA; Tempat baterai AA adalah suatu alat yang digunakan untuk menempatkan baterai. Manfaat tempat baterai AA pada pembauatan robot laron digunakan dalam membuat body mekanik robot laron.

  3. Motor DC; Motor DC adalah suatu alat yang digunakan untuk mengubah energi listrik menjadi energi mekanik. Alat ini bekerjanya menggunakan sumber tegangan DC. Motor DC dalam pembuatan robot laron digunakan sebagai aktuator robot laron.  

  4. Sayap Robot; Sayap robot termasuk salah satu aksesoris dalam pembuatan robot laron, agar bentuk fisiknya mirip dengan binatang laron.

  5. Kabel Pelangi; Kabel termasuk salah satu komponen yang berguna untuk menghubungkan satu rangkaian dengan rangkain lainnya. Sedangkan kabel pelangi adalah salah satu komponen yang berwarna seperti pelangi yang fungsinya sama seperti pada kabel pada umumnya.
  6. Baterai A A 1,5 V; Baterai A A 1,5 V adalah sebuah alat yang dapat merubah energi kimia yang disimpannya menjadi energi Listrik yang dapat digunakan oleh suatu perangkat Elektronik. Kelebihan dari penggunaan baterai AA adalah dipasaran banyak tersedia. Sedangkan kelemahannya adalah waktu baterai habis harus mencharger dalam waktu yang lama, selain itu harus melepas baterai dari badan robot laron.
  7. PCB; PCB adalah papan rangkaian yang dibuat dari bahan isolator yang permukaaannya dilapisi tembaga. Fungsi dari PCB adalah sebagai tempat untuk memasang dan menghubungkan komponen elektronika.
  8. Larutan FeCl3. Larutan FeCl3 adalah suatu larutan yang fungsinya untuk melarutkan tembaga yang menempel pada PCB.
  9. Timah; Timah berfungsi untuk merekatkan komponen elektronika. Bentuk timah seperti kawat dan terbuat dari alloy. Alloy adalah material yang terdiri dari bahan perak dan timah.


c. Alat Untuk Membuat Sistem Mekanik

  1. Gergaji; Gergaji adalah alat yang digunakan untuk memotong bahan-bahan dalam penyusunan robot. 
  2. Bor Listrik; Bor listrik adalah salah satu alat yang digunakan untuk membuat Iubang bahan-bahan dalam penyusunan robot. 
  3. Dojuble Tape; Double tape adalah suatu bahan yang dapat digunakan untuk merekatkan berbagai bahan dari besi, kaca, kayu, plastik dan lain-lain. Bahan daouble tape mudah disobek karena terbuat dari kertas. 
  4. Spicer; Spicer adalah sejenis mur dan baut yang terangkai menjadi satu. Spicer termasuk sebagai tiang penyangga robot. 
  5. Cutter; Cutter adalah suatu alat yang digunakan untuk memotong bahan-bahan dalam pembuatan robot. 
  6. Solder; Solder adalah alat yang digunakan untuk melelehkan timah untuk menempelkan komponen elektronik dengan mengubah energi listrik menjadi energi panas. Bentuk solder bermacam-macam ada yang pensil dan pistol. 
  7. Penyedot Timah; Penyedot timah adalah suatu alat yang digunakan untuk mengambil timah yang sudah terpatri pada kaki komponen. 
  8. Pasta Solder; Pasta solder adalah suatu bahan yang digunakan untuk memudahkan proses penyolderan dan mencegah timah menempel pada komponen lain. 
  9. Bor Mini; Bor mini menggunakan tegangan searah (DC) yang didapatkan dari adaptor. Mata bor untuk bor mini 0,8-2mm. 
  10. Kertas Gosok (Ampelas); Kertas gosok(ampelas) adalah suatu bahan yang digunakan untuk mengikis bagian terluar tembaga yang berkarat atau tertutup debu. Karat/debu dapat menyebabkan tinta tidak dapat menempel pada PCB dengan baik. 
  11. Setrika; Setrika adalah suatu alat yang digunakan untuk alat sablon mini pada proses pembuatan PCB. 
  12. Pinset; Pinset adalah alat yang digunakan untuk mengambil komponen-komponen kecil dan sensitif. 
  13. Spidol Permanaen; Spidol permanen adalah suatu alat yang digunakan untuk mempertebal jalur rangkaian, karena tidak luntur dan tahan air.

Setelah Anda mengidentifikasi material pembuatan robot laron sekarang akan dibahas tentang produksi tepat waktu. Sistem produksi tepat waktu (JIT) adalah suatu konsep produksi yang dalam manajemen operasinya mencoba mengeliminasi pemborosan dalam seluruh proses produksi. Penekanan dalam sistem JIT adalah continuous improvement yang dilakukan dengan cara mengeliminasi sampah disemua aspek yang berkaitan dengan aliran produk dari pemasok sampai ke tangan konsumen. Sehingga dapat meningkatkan output dan produktivitasnya.

Google Ping | Ping Blog Search | Add Url | Google Master | Bing Master | Site Value | Seo Jerman | Riset Keyword | Keyword Planner