Membuat Proposal Usaha Elektronika Praktis, Pengertian Proposal Usaha, Sistematika Menyusun Proposal Usaha


Printer 3 Dimensi

Proposal Usaha Elektronika Praktis


Apakah anda sudah pernah membuat proposal usaha Elektronika Praktis? kalau belum coba simak dan perhatikan kutipan berikut untuk menggambarkan tentang proposal usaha alat elektronik praktis.


Proposal Usaha Elektronika Praktis

Manfaat Besar Proposal Usaha

Menjalankan sebuah usaha merupakan tindakan yang didasarkan oleh ide seseorang. Demi menjalankan sebuah usaha, banyak wirausahawan yang lupa atau mengesampingkan pentingnya proposal usaha. Banyak yang beranggapan bahwa proposal usaha hanya diperlukan oleh usaha atau perusahaan yang berskala besar.

Adapun fungsi dari proposal usaha yaitu untuk membantu permodalan, membantu keputusan setiap langkah bisnis, membantu mengembangkan ide bisnis, mengetahui kendala-kendala bisnis yang dijalankan, memberikan gambaran tujuan yang jelas, dan memberi gambaran terhadap calon konsumen maupun investor. Bahkan proposal usaha dapat dijadikan sebagai bahan untuk mengevaluasi bisnis yang sudah dijalankan dan mengupayakan agar bisnis tersebut bisa menguntungkan. Karena hal inilah yang diharapkan oleh para wirausaha maupun calon pengusaha untuk memperhatikan pentingnya proposal usaha ketika memulai untuk  menjalankan sebuah usaha yang direncanakan.

Sebelum membuat proposal usaha ada hal-hal yang perlu dimengerti terlebih dahulu yaitu :
  1. Pengertian Proposal Usaha. Perkembangan dunia usaha menuntut wirausaha untuk semakin profesional. Proposal usaha dijadikan sebagai media komunikasi yang digunakan oleh wirausahawan untuk menjelaskan profil usaha dan bisnis yang dilakukannya. Proposal usaha adalah suatu dokumen tertulis yang ditulis oleh pengusaha atau wirausaha yang menggambarkan semua unsur yang relevan baik eksternal dan internal, mengenai usaha baru yang direncanakan untuk dilaksanakan.
  2. Sistematika Menyusun Proposal Usaha. Penyusunan proposal usaha memerlukan analisis kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang dihadapi. Terdapat beberapa petunjuk dalam penyusunan proposal usaha antara lain menetapkan jenis usaha, aspek produk yang dibuat, pemasaran produk, aspek organisasi, dan manajemen, aspek yuridis, aspek administrasi, aspek sumber keuangan, aspek kebijakan pemerintah daerah, serta mempelajari aspek ANDAL (Analisis dampak lingkungan).
Dalam pembuatan proposal usaha elektronika praktis ikutilah aturan yang umum, diantaranya adalah :
  1. Halaman depan; berupa halaman depan berisi nama, alamat perusahaan, dan nama orang yang bertanggung jawab.
  2. Daftar isi; Terdiri dari kerangka proposal usaha yang terdapat halaman nomor proposal usaha.
  3. Penjelasan Perusahaan; Menjelaskan strategi perusahaan dan tim manajemen pengelolaan usaha.
  4. Pemasaran; Menjelaskan pasar yang dituju, besar potensi pasar dan strategi ramalan tentang target konsumen yang akan di capai.
  5. Produk yang di hasilkan; Menjelaskan kualitas, kuantitas, kegunaan, dan keistimewaan produk.
  6. Peningkatan omset penjualan; menjelaskan teknik promosi yang akan digunakan, tenaga penjual, dan perwakilan penjualan.
  7. Permodalan; menerangkan rencana modal, proyeksi, neraca pendahuluan, aliran kas, dan pendapatan.
  8. Apendiks; Apendiks berisi tentang keterangan yang diperlukan untuk melengkapi proposal usaha.
Demikian uraian tentang membuat proposal usaha elektronika praktis, untuk selanjutnya silahkan anda untuk mengembangkannya sendiri dengan cara dan gaya bahasa yang mudah di pahami.
Google Ping | Ping Blog Search | Add Url | Google Master | Bing Master | Site Value | Seo Jerman | Riset Keyword | Keyword Planner