Sumberdaya Usaha | Alat Elektronika Praktis | Keindahan Layar LED Raksasa | Komponen Elektronika

Teknologi Elektronika

Sumberdaya Usaha Alat Elektronika Praktis


Jenis alat elektronika praktis sangat beragam. Produk elektronik tgrsebut menjadi komoditas yang berpotensi besar untuk menjadi usaha yang besar. Seperti yang kita ketahui merk alat elektronika praktis apa saja yang dipasarkan ada di Indonesia.

Sebelum mengetahui tentang cara membuat alat elektronika praktis, tambahlah wawasan anda tentang sumberdaya usaha alat elektronika praktis dengan membaca kutipan berikut ini dengan cermat.

Keindahan Layar LED Raksasa


LED (Light Emitted Display) memancarkan cahaya karena menggunakan dopping galium, arsenic dan phosporus yang merupakan salah satu jenis dioda, sehingga hanya akan mengalirkan arus listrik satu arah saja dengan cahaya bias.
Teknologi LED kini telah banyak digunakan seperti pada layar handphone, televisi, dan komputer. Bahkan teknologi ini juga dimanfaatkan untuk mendukung visualisasi sebuah pertunjukan maupun iklan. Bila dicermati banyak baliho atau papan iklan di Indonesia yang telah diganti dengan layar LED. Layar LED raksasa juga banyak ditemui di kota-kota besar dan negara berkembang. Guna menarik perhatian masyarakat, iklan ditampilkan dalam layar yang besar dan terasa lebih dekat pada masyarakat.

Penggunaan layar LED Burhan menuturkan, produk lampu LED pada area publik tentunya harus sesuai dengan standar keselamatan internasional dari International Organization for Standarization (ISO) dan telah menggunakan filter yang sesuai dan tidak merusak kesehatan mata yang melihat.
Setelah membaca kutipan artikel tersebut diatas wawasan apakah yang anda dapatkan? LED merupakan salah satu komponen yang sering digunakan pada alat elektronika praktis. LED mampu memancarkan cahaya bias dengan daya sumber listrik. Cahaya atau gambar yang dihasilkan oleh layar LED tergantung dari resolusi. Resolusi adalah jumlah piksel yang menyusun sebuah layar. Semakin banyak jumlah piksel, semakin tajam gambar yang ditampilkan.
Jika anda telah memahami salah satu sumberdaya usaha alat elektronika praktis berdasarkan artikel tersebut. Agar kamu lebih memahami lebih mendalam mengenai alat elektronika praktis, lakukanlah Kegiatan berikut!
Judul Kegiatan : Berlatih Mengenai Peralatan Elektronika
Jenis Kegiatan : Kerja Kelompok
Tujuan Kegiatan : Peserta didik dapat menyebutkan dan menjelaskan alat-alat elektronika dengan tepat.
Langkah-langkah kegiatan sebagai berikut.
1. Bentuklah kelompok dengan teman sekelasmu yang terdiri atas 3-4 orang!
2. Kunjungilah laboratoriiim fisika yang ada di sekolahmu pada saat jam pelajaran Prakarya dengan tertib!
3. Amatilah berbagai ajat atau komponen elektronika yang terdapat di laboratorium tersebut!'
4. Bertanyala kepada gurumu mengenai peralatan atau komponen elektronika yang kelompokmu temukan!
5. Carilah informasi tentang peralatan atau komponen elektronika tersebut pada buku, majalah, maupun di google!
6. Berdasarkan data yang anda dapat, buatlah 1aporan mengenai masing-masing peralatan atau komponen elektronika yang kamu amati!
7. Setelah selesai, presentasikan laporan kalian di depan kelas dan bandingkan hasilnya dengan kelompok lain!
Setelah kamu melakukan Kegiatan tersebut maka sudah tentu anda semakin tahu tentang sumberdaya proses produksi alat elektronika praktis.
Berikut akan dijelaskan tentang sumberdaya proses produksi alat elektronika praktis.
1. Identifikasi Kebutuhan Usaha Alat Elektronika Praktis

Perlu diketahui tentang bahan yang dibutuhkan untuk membuat alat elektronika praktis. Bahan pembuatan alat elektronika praktis terdiri dari bahan utama dan pendukung. Pada pembuatan alat elektronika praktis yaitu running LED terdapat bahan utama yang terdiri dari komponen utama dan tambahan dengan penjelasan seperti berikut.

a. Komponen Utama


1) IC 4017



IC 4017
IC 4017 termasuk salah satu IC 16 pin CMOS decade counter dengan seri IC CMOS 4000. Input pulsa clock yang dibutuhkan pada pin clock input akan membuat salah satu dari sepuluh pin output "menyala/aktif" secara berurutan pada tiap perubahan pulsa clock.



2) IC 555



IC 555
IC 555 adalah sebuah IC yang digunakan untuk pembangkit pulsa yang dapat diatur mode kerjanya, sehingga dapat digunakan sebagai timer dan multivibrator. Pada IC ini biasa disebut dengan "The IC Time Machine”.


3) Resistor



Resistor
Resistor adalah komponen yang digunakan untuk membatasi arus yang mengalir dalam suatu rangkaian selain itu sebagai pembagi arus, pembagi tegangan, dan penurun tegangan. Resistor yang digunakan fixed resistor dan variabel resistor (VR). Pada fixed resistor mempunyai ukuran yang tetap, sedangkan variabel resistor (VR) termasuk resistor yang ukurannya dapat diubah-ubah.


4) Kapasitor



Kapasitor termasuk komponen elektronika yang digunakan untuk menyimpan muatan listrik. Cara yang digunakan kapasitor untuk menyimpan muatan listrik dengan mengumpulkan keseimbangan internal dari muatan listrik.


5) LED (Light-Emitting Diode)



LED adalah salah satu komponen elektronika yang dapat memancarkan cahaya monoromatik ketika diberi tegangan maju.


6) Dioda



Dioda
Dioda adalah komponen elektronik yang berjenis komponen aktif yang digunakan sebagai komponen penyearah. Susunan dioda terdiri dari kutub positif (+) dan negatif (-).


7) Software/Aplikasi Eagle



Software/Aplikasi Eagle
Software/aplikasi eagle adalah software yang digunakan untuk mendesain sebuah rangkaian elektronika kedalam sebuah papan projek yang biasa di sebut PCB (Printable Circuit Board).


b. Komponen Tambahan
1) Baterai 9V

Baterai 9V
Baterai termasuk salah satu contoh power supply dengan tegangan dan ukuran yang relatif kecil. Pada baterai terdapat kutub positif (+) dan kutub negatif (-). Pemasangan kutubnya tidak boleh terbalik, karena bila terbalik maka tidak akan dapat bekerja baterainya.
2) Socket IC

Socket IC
Soket IC adalah salah satu alat yang digunakan untuk meaghubungkan IC dengan PCB dan memiliki jumlah kaki yang bermacam-macam. Fungsi dari soket IC adalah untuk melindungi IC dari panasnya solder, dan untuk memudahkan penggantian IC bila, terjadi kerusakan.
3) Kabel serabut ± 7cm

Kabel berfungsi untuk menghubungkan satu rangkaian dengan rangkaian lainnya. Termasuk kabel yang ki4at dan tidak mudah putus dibandingkact dengan kabel tipe tembaga tunggali.
4) PCB (Printed Circuit Board)

PCB (Printed Circuit Board)
PCB termasuk papan rangkaian yang terbuat dari bahan isolator dengan permukaan yang dilapisi tembaga. Penggunaan PCB sebagai tempat pemasangan dan penghubung komponen elektronik.
5) Larutan FeCl3 (Fern Chloride)

Larutan FeCl3 (Fern Chloride)
Larutan FeCl3 digunakan untuk melarutkan tembaga yang menempel pada PCB.
6) Kertas Gosok/amplas

Kertas Gosok/amplas
Kertas gosok berfungsi untuk mengikis bagian terluar tembaga yang berkarat atau tertutup debu. Karat pada tembaga menyebabkan tinta dan timah tidak dapat menempel dengan sempurna pada permukaan tembaga.
7) Rugos Elektro

Rugos Elektro
Rugos berfungsi untuk memberi tanda elektronika pada PCB. Gambar rugos memiliki pola seperti rangkaian elektronika.

Setelah mengetahui komponen utama pembuatan alat elektronika praktis yaitu running LED. Sekarang akan dibahas tentang bahan pendukung yang dibutuhkan dalam pembuatan alat elektronika praktis yaitu running LED, yaitu di antaranya:

a. Solder


Solder
Berfungsi untuk melelehkan timah. Solder berbentuk pensil dan berbentuk pistol. Pada solder pistol terdapat dua macam tegangan yaitu posisi standby dengan tegangan kecil yang stabil dan solder dengan tombol yaitu tegangan menjadi maksimum saat ditekan.

b. Tang potong


Tang potong
Digunakan untuk memotong/mengupas kabel pada kaki-kaki yang terdapat komponen elektronika yang terlalu panjang.

c. Sedotan timah


Sedotan timah
Sedotan timah digunakan untuk menyedot timah dari tempat yang akan dicabut komponennya untuk diganti atau menghilangkan patrian.

d. Cutter


Cutter
Digunakan untuk memotong komponen alat elektronika praktis yaitu running LED.

e. Timah patri


Timah patri
Berbentuk kawat berfungsi untuk mematri komponen. Bahan patri yang baik berjenis alloy yang terdiri dari bahan perak dan timah. Selain timah patri terdapat pasta patri yang digunakan untuk memudahkan patri menempel pada komponen elektronik serta mencegah oksidasi pada waktu barang yang dipatri dipanasi.

f. Setrika


Setrika
Setrika digunakan sebagai alat sablon mini pada proses pembuatan PCB. Suhu yang stabil pada setrika dapat mempengaruhi hasil akhir pada pembuatan PCB.

g. Spidol Permanen


Spidol Permanen
Berfungsi untuk mempertebal jalur rangkaian selain itu tintanya tidak mudah luntur dan tahan lama.

h. Bor Listrik


Bor Listrik
Berfungsi untuk melubangi komponen yang sebelum disusun menjadi sebuah alat elektronika praktis.

2. Sumber Daya Usaha Alat Elektronika Praktis

Setelah mengenai alat-alat yang dibutuhkan untuk membuat running LED, berikut adalah sumberdaya usaha alat elektronika praktis berupa running LED.

a. Man


Tenaga manusia yang diperlukan yaitu antara lain orang yang memahami, terampil, dan ahli dalam membuat alat elektronika praktis.

b. Materials


Bahan dan alat yang dibutuhkan seperti yang telah disebutkan sebelumnya perlengkapan membuat alat elektronik praktis.

c. Machine


Mesin yang digunakan seperti mesin pembuat perangkat komponen dan pembuatan case guna kemasan penjualan produk.

d. Methods


Metode dan langkah kerja membuat rangkaian listrik dan komponen produksi telah ditentukan oleh pembuat sebelum memulai produksi. Perhitungkan pula faktor keselamatan proses produksi Untuk mencegah terjadinya kecelakaan kerja.

e. Money


Pada umumnya alat elektronika praktis merupakan alat canggih yang cepat berkembang. Maka diperlukan modal yang besar untuk menciptakan alat elektronika praktis dalam jumlah besar.

f. Markets


Pemasaran produk alat elektronika praktis harus disesuaikan dengan" calon konsu men. Faktor usia, keinginan, geografis, dan lingkungan sangat mempengaruhi pemasaran alat tersebut.

Daftar Isi

TEKNOLOGY
  1. Perkembangan Teknologi Telepon
  2. Penemuan Telegraf oleh Samuel F.B. Morse bersama Rekannya
  3. Penemuan Telepon Pertama oleh Philip Reis Tahun 1861
  4. Sejarah Perkembangan Radio dari Tahun 1888 sampai dengan 1960
  5. Penemuan Komponen Televisi oleh Para Ilmuwan
  6. Peranan dan Dampak Teknologi lnformasi Komunikasi
  7. Manfaat Teknologi untuk Bisnis dan Perbankan
  8. Teknologi perbankan, Internet banking, ibanking, jateng, mandiri, klikbca individual
  9. Manfaat Positif Teknologi Informasi di Berbagai Bidang
  10. Dampak Negatif Perkembangan Teknologi terhadap Hak Cipta
  11. Dampak Negatif Perkembangan Teknologi Komunikasi
  12. Efek-Efek Negatif Yang Timbul dari Penggunaan Internet
  13. Membuat Proposal Usaha Elektronika Praktis, Pengertian Proposal Usaha, Sistematika Menyusun Proposal Usaha
  14. printer, teknologi, printing, perkembangannya, perkembangan, dimensi, komunikasi, informasi, digital, yang, dengan, cara, kerja, pengertian, produk
  15. mine, infra, daur, dewatering, hidrologi, konsep, water, teknologi
  16. tambang, drainase, rencana, debit, printing, teknologi, komunikasi, air, perkembangan, digital, informasi, outer, sump
  17. Perencanaan dan Prosese Pembuatan Jalan Tambang
  18. Perencanaan Material Jalan dan Contoh Pembuatan Jalan
  19. Metode Penambangan Terbuka
  20. Pengertian Sumber Daya Alam | Jenis sumber daya alam | Asal Sumber Daya Alam | Guna Sumber Daya Alam
  21. Akibat Buruk dari Perkembangan Teknologi dan Informasi
  22. Definisi Teknologi Informasi, Infrastruktur Teknologi Informasi, Brainware Teknologi Informasi, Profesi dalam Industri Komputer
  23. Digital Siganature | Exploit Kits | Undetection Tool | Botnet Generator | User Account Control | Membuat Digital Certificate 
  24. Manusia, Teknologi,  Sains, Kebutuhan Dasar Manusia, Penciptaan Material, Menciptakan Kekayaan
  25. Definisi Teknologi Informasi  | Definisi Informasi  | Sejarah Teknologi Informasi | Peranan Teknologi Informasi Bagi Kehidupan Manusia | Dampak Kemajuan Teknologi Informasi
  26. Dengan Kompor Biogas maka secara ekonomi pengeluaran perbulan dapat dihemat | Proses Produksi Energi Biogas
JARINGAN
  1. Mengenal Alat Komunikasi Pada Masa Sejarah
  2. Kemajuan Teknologi Komunikasi Seiring Perkembangan Zaman
  3. Buku Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas XI
  4. Smartphone 4G Harga Dibawah 3 Jutaan Rupiah
  5. 9 Tips Pengawet Baterai Handphone Android
  6. Persaingan Teknologi Smartphone 4G LTE
  7. Teknologi Komunikasi, Apple, iPhone, Sony, kode IMEI, Xperia F8331 Trend Pencarian Colombia
  8. Lenovo Vibe C2, Samsung Galaxy J2
  9. Pertumbuhan Teknologi Aplikasi Handphone Android
  10. Sejarah Perkembangan Teknologi Mesin Faximile
  11. Perkembangan Teknologi Televisi
SMARTPHONE
  1. Samsung Galaxy A51 | Desain Makin Cantik dengan Punch Hole Display  | Pertama Bawa One UI 2 | Performa Masih Bisa Diadu | 4  Kamera Utama + 1 Kamera Selfie
  2. Inilah 7 Smartphone Quad Camera Termurah Di Pasar Buat Kamu Yang Hobee Selfie Atau Games Untuk Di Upload Sosial Media
  3. Kamera Quad Buyer | Sensor CMOS IMX586 | Cara Kerja Sensor Quad Bayer
  4. Ketika 5G Diharapkan Bisa Mendorong Penjualan Perangkat |  Pasar PC Global Bakal Terus Menurun
  5. Tes Realme 5i,  Desain  Layar 6.5 Inci "Mini Drop",   OS, Antarmuka, dan Security,   Quad-Camera 12 MP,   Snapdragon 665
  6. Gadget Yang Cocok Untuk Para Pembuat Content Creator  Dalam Berkreasi
  7. Smartphone Satu Jutaan Berbaterai Jumbo Paling Baru
  8. Xiaomi Mi Note 10 Pro vs Samsung Galaxy A71 "Kamera, Performa atau Fitur Bawaan?
  9. Kebutuhan Pasar Akan Produk Samsung Galaxy Note10 Lite
  10. Virus Smartphone, Menguras Rekening Bank,  SMS Lewat Malware, Cara Melindungi diri 
  11. Keunggulan Samsung Galaxy A22 5G Terbaru 
  12. Pasar Perangkat Lunak | Kerja Jarak Jauh 
  13. OnePlus 10T Marvel Edition akan diluncurkan di India selama akhir pekan, inilah yang ada di dalam kotak
TEKNOLOGI ASTRONOMI
  1. Perkembangan Teknologi Media Elektronik Telegraf
  2. Teknologi Elektronik Untuk Mendapatkan Tegangan DC
  3. Produk Rekayasa Pembangkit Listrik Sederhana
  4. Rekayasa | Peluang Usaha Elektronika Praktis | Elektronik Praktis | Uang Elektronik | Pengertian Elektronika Praktis | Aneka Jenis Alat Elektronika Praktiis dan Manfaatnya
  5. Sumberdaya Usaha | Alat Elektronika Praktis | Keindahan Layar LED Raksasa | Komponen Elektronika
  6. Proses Produksi | Alat Elektronika Praktis | Standar Proses Produksi | Mendesain | Kualitas Produk Elektronika Praktis Langkah Keselamatan Kerja Alat Elektronika Praktis
  7. Rekayasa dan Wirausaha Alat Elektronika Dengan Kendali Otomatis
  8. Sumber Daya Karya Rekayasa Elektronika dengan Kendali Otomatis
  9. Pengertian dan Perkembangan Teknologi Radio
  10. Pengertian, Fungsi Resistor, Nama Resistor, Simbol Resistor
  11. Sound System, Beda Surround Dolby Atmos dan Surround Tradisional
  12. Pembangkit Listrik | Tenaga Angin | Desain Produk | Alat Pendukung Produk
TEKNOLOGI FOTOGRAFI
  1. Teknologi Kamera Mirrorless Leica
  2. Perkembangan Teknologi Fotografi Dari Masa Penemuannya
  3. Sejarah Perkembangan Fotografi di Indonesia
  4. Hubungan Seni dan Kreativitas Dengan Fotografi
TEKNOLOGI INDUSTRI
  1. Bioteknologi Pangan Untuk Meningkatkan Hasil Produksi Pertanian
  2. PENGGUNAAN MINYAK DAN LEMAK DALAM BIDANG NON PANGAN
  3. Bioteknologi Pertanian Meningkatkan Hasil Pangan
  4. Negara Yang Punya Teknologi Pertanian Terbaik
  5. Cara Amerika Serikat, Dalam Memajukan Teknologi Pertanian, Kacang Kedelai
  6. Teknologi Baru Peternakan Sapi Tanpa Cari Rumput
  7. Cara Meningkatkan Produksi Biogas Berlipat Ganda
  8. Pengertian, Teknologi, Industri, Jenis, Manfaat, Keunggulan
  9. Tren Industri Teknologi, Pengaruh Teknologi Industri, Pertumbuhan Teknologi Industri
  10. Teknologi Mengolah Sampah | Cara lama tidak efisien | Bermula dari beasiswa | Limbah medis jadi perhatian | Teknologi Pirolisis | Mengubah Plastik Jadi Bahan Bakar Cair
TEKNOLOGI INFORMASI
TEKNOLOGI PENDIDIKAN