Perkembangan Teknologi Telepon

Teknologi Komunikasi


Telepone

Perkembangan Teknologi Telepon

Telepon adalah alat komunikasi yang dapat mengirimkan pembicaraan melalui sinyal listrik dengan menggunakan kabel jaringan telepon. Telepon pertama kali diciptakan oleh Alexander Graham Bell pada tahun 1876. Kemudian Kongres di Amerika Serikat pada tahun 2001 menyatakan bahwa penemu dan pemilik hak paten atas telepon adalah Antonio Meucci. Telepon terdiri dari empat bagian utama sebagai berikut.


Mekanisme Dialling
Mekanisme Dialling memungkinkan penelpon memasukkan nomor telepon yang ingin dipanggil. Telepon memiliki mekanime dialing yang terdiri dari keypad berjumlah 12 tombol, yaitu tombol 0 sampai 9, tombol *, dan tombol pagar (#). 

Mikrofon
Mikrofon atau transmitter berfungsi untuk mengubah suara menjadi arus listrik. Arus listrik yang diterima kemudian dikirimkan melalui kabel telepon.
Terdapat dua jenis pemancar, yaitu pemancar listrik (electric transmitter) dan pemancar karbon (carbon transmitter). Pada pemancar listrik terdapat diafragma berbentuk bulat dan sebuah foil listrik yang dipasang di belakang. Suara yang diterima akan menyebabkan diafragma bergetar dan getaran tersebut akan memicu arus listrik di foil listrik. Pada pemancar karbon, diafragma terbuat dari aluminium di mana suara akan menyebabkan getaran pada diafragma. Pada bagian belakang diafragma, logam kecil yang berbentuk kubah akan meningkatkan tekanan pada ruang karbon. Hal ini menyebabkan kuat arus yang mengalir melalui kabel telepon tergantung pada kuat tekanan pada ruang karbon.

Ringer
Pada awalnya ringer berbentuk sebuah lonceng kecil. Sebuah chip komputer menggantikan peranan lonceng kecil untuk membuat sinyal bunyi dengan nada polyphonic. Ringer berfungsi untuk memberikan sinyal apabila ada telepon masuk.
 
Receiver
Bagian ini digunakan untuk mengubah arus listrik menjadi suara. Receiver ditempatkan pada bagian telinga di gagang telepon. Sinyal listrik yang diterima akan diterjemahkan menjadi sinyal suara.
Telepon dibedakan menjadi dua macam, yaitu telepon tetap dan telepon bergerak.

Telepon tetap (fixed line telepon)
Telepon tetap atau fixed line telepon merupakan telepon yang dihubungkan melalui jaringan kabel. Jaringan kabel ini berpusat pada perusahaan penyedia layanan telepon seperti Telkom.
Rangkaian inti dari pesawat telepon adalah gagang telepon (handset) yang terdiri dari mikrofon di bagian bawah dan speaker (pengeras suara) di bagian atas gagang dan bagian kedua adalah basis. Antara gagang telepon dan basis dihubungkan dengan kabel. Ada juga jenis pesawat telepon di mana antara gagang (handset) telepon dan basis dihubungkan dengan gelombang radio. Pesawat telepon jenis ini dinamakan cordless.

Pada awal ditemukannya telepon, sistem kerjanya dinilai sangat rumit karena belum ditemukannya sistem pensaklaran otomatis, sehingga seorang penelpon harus menghubungi operator terlebih dahulu di kantor layanan telepon. Selanjutnya, operator akan menghubungkan penelpon ke nomor yang dituju.

Setelah ditemukan sistem pensaklaran otomatis, komunikasi melalui telepon dilakukan dengan cara menekan tombol nomor telepon tujuan.

Kelebihan telepon tetap (fixed Une telepon) adalah sebagai berikut.
1)    Telepon selalu tersambung, sehingga dapat digunakan setiap saat.
2)    Biaya pemakaian murah.

Kekurangan telepon tetap (fixed Une telepon) adalah sebagai berikut.
1)    Tidak dapat dibawa ke mana-mana karena telepon harus disambungkan dengan kabel.
2)    Sangat tergantung pada ketersediaan jaringan yang biasanya terbatas.

Telepon Bergerak atau telepon seluler (handphone)

Telephone Genggam

Telepon seluler atau handphone adalah jenis telepon tanpa kabel yang menggunakan gelombang radio untuk menghubungkan pesawat telepon dengan pemancar. Telepon seluler merupakan perkembangan dari radio dan telepon. Kedua teknologi ini kemudian digabungkan dan jadilah telepon dengan sinyal suara yang dilewatkan pada gelombang radio. Komunikasi dilakukan dengan memancarkan gelombang radio ke antena yang akan meneruskan ke pesawat yang dituju.

Telepon seluler dikenal sejak 3 April 1973. Telepon seluler merupakan salah satu teknologi komunikasi yang banyak digunakan di Indonesia karena fungsi telepon seluler tidak hanya sebagai alat komunikasi saja, tetapi sudah menjadi bagian dari gaya hidup, penampilan atau trend, dan prestise (gengsi) dengan berbagai fitur yang ditawarkan. Beberapa fitur yang kita kenal dalam telepon seluler, antara lain sebagai berikut.

SMS (Short Massage System)
SMS adalah layanan pesan pendek berupa teks. Pada saat kita mengirimkan pesan, pesan yang kita kirim tidak langsung masuk pada nomor ponsel yang dituju tetapi dikirim terlebih dahulu ke SMS center operator yang digunakan. Setelah melalui SMS center pesan tersebut dikirimkan ke ponsel tujuan.
Apabila pesan yang kita kirim sudah diterima, maka ponsel akan mengirimkan pesan kembali ke SMS center yang menyatakan pesan telah diterima. SMS center kemudian akan mengirimkan status pesan ke ponsel kita. Jika pesan yang kita kirim menunda, maka pesan akan disimpan oleh SMS center sampai dengan waktu valid berakhir.

MMS (Multimedia Message System)MMS adalah aplikasi layanan multimedia. Perbedaan dengan SMS adalah SMS berupa teks, sedangkan MMS berupa gambar, suara, dan video.

Video Streaming
Video streaming adalah layanan video di mana video ditampilkan sebelum semua data berhasil di-doiunload dari server. Video streaming biasanya digunakan untuk memantau keadaan lalu lintas. Dengan menggunakan video streaming, seseorang dapat memilih jalur lalu lintas agar terhindar dari kemacetan. Dengan demikian, mereka dapat memilih jalur alternatif yang harus dilewati.



Kamera digital, radio FM, pemutar MP3, dan game Secara umum cara kerja telepon seluler adalah pemakai telepon melakukan panggilan ke nomor tertentu, maka stasiun pemancar akan mengirimkan sinyal elektromagnetik ke nomor telepon seluler yang dituju. Pemancar tersebut disebut dengan BTS (Base Transceiver Station). BTS diletakkan di tempat tertentu dengan cara membagi-bagi ke sebuah daerah dalam sebuah irisan berbentuk heksagonal. Selanjutnya, BTS akan memilih pemancar terdekat dengan pesawat penelpon untuk meneruskan panggilan. Panggilan akan diteruskan pemancar ke pemancar terdekat penerima, kemudian pemancar akan meneruskan panggilan ke telepon penerima.

Berikut ini adalah perkembangan telepon seluler dari generasi ke generasi atau yang lebih dikenal dengan istilah G.
  1. Telepon generasi pertama (1G), telepon ini dinamakan AMPS (Advcmce Mobile Phone System), diciptakan pada tahun 1983 oleh perusahaan komunikasi FCC (Federal Communications Commision) di Chicago. Telepon generasi pertama ini merupakan jenis telepon seluler analog pertama.
  2. Telepon seluler generasi ke dua (2G) adalah jenis telepon digital. Teknologi radio yang digunakan hampir sama dengan 1G, tetapi dengan menggunakan sistem digital maka sinyal dapat dikompres dan dimanipulasi sehingga bentuk dan cara kerjanya menjadi lebih sederhana.
  3. Generasi ketiga (3G), yaitu telepon yang masih berbasis digital. Telepon ini menggunakan aplikasi multimedia secara sempurna seperti streaming audio dan video, pengiriman video, musik, dan data dengan cepat dan mudah, mengakses internet, melakukan permainan, serta menonton televisi.

Teknologi yang mendukung 3G adalah sebagai berikut.

  1. CDMA2000,
  2. WCDMA (Wideband Code Divison Multiple Access), dan
  3. TA-SCDMA (Time-Divison Synchrotious Code-Division Multiple Access).

Pada saat ini telepon seluler dimanfaatkan sebagai asisten pribadi karena dilengkapi dengan berbagai kemampuan seperti mendengarkan radio, menonton televisi, permainan, dan akses data.
Kelebihan telepon seluler di antaranya sebagai berikut.
  • Tidak memerlukan kabel.
  • Dapat dibawa ke mana-mana.
  • Dapat menghubungi langsung pihak yang bersangkutan.
  • Dilengkapi dengan fasilitas penunjang lain seperti SMS, MMS, GPRS, dan video tele conference.
  • Dilengkapi program penunjang lainnya seperti permainan, kalkulator, dan perangkat lainnya.

Kekurangan telepon seluler adalah sebagai berikut.
  • Penggunaan telepon yang tidak terkontrol akan mengakibatkan pengeluaran yang mahal.
  • Tidak semua daerah terdapat jaringan yang menunjang.

Demikian uraian tentangan Perkembangan Teknologi Telepon  Semoga ada manfaatnya.

Daftar Isi

TEKNOLOGY
  1. Perkembangan Teknologi Telepon
  2. Penemuan Telegraf oleh Samuel F.B. Morse bersama Rekannya
  3. Penemuan Telepon Pertama oleh Philip Reis Tahun 1861
  4. Sejarah Perkembangan Radio dari Tahun 1888 sampai dengan 1960
  5. Penemuan Komponen Televisi oleh Para Ilmuwan
  6. Peranan dan Dampak Teknologi lnformasi Komunikasi
  7. Manfaat Teknologi untuk Bisnis dan Perbankan
  8. Teknologi perbankan, Internet banking, ibanking, jateng, mandiri, klikbca individual
  9. Manfaat Positif Teknologi Informasi di Berbagai Bidang
  10. Dampak Negatif Perkembangan Teknologi terhadap Hak Cipta
  11. Dampak Negatif Perkembangan Teknologi Komunikasi
  12. Efek-Efek Negatif Yang Timbul dari Penggunaan Internet
  13. Membuat Proposal Usaha Elektronika Praktis, Pengertian Proposal Usaha, Sistematika Menyusun Proposal Usaha
  14. printer, teknologi, printing, perkembangannya, perkembangan, dimensi, komunikasi, informasi, digital, yang, dengan, cara, kerja, pengertian, produk
  15. mine, infra, daur, dewatering, hidrologi, konsep, water, teknologi
  16. tambang, drainase, rencana, debit, printing, teknologi, komunikasi, air, perkembangan, digital, informasi, outer, sump
  17. Perencanaan dan Prosese Pembuatan Jalan Tambang
  18. Perencanaan Material Jalan dan Contoh Pembuatan Jalan
  19. Metode Penambangan Terbuka
  20. Pengertian Sumber Daya Alam | Jenis sumber daya alam | Asal Sumber Daya Alam | Guna Sumber Daya Alam
  21. Akibat Buruk dari Perkembangan Teknologi dan Informasi
  22. Definisi Teknologi Informasi, Infrastruktur Teknologi Informasi, Brainware Teknologi Informasi, Profesi dalam Industri Komputer
  23. Digital Siganature | Exploit Kits | Undetection Tool | Botnet Generator | User Account Control | Membuat Digital Certificate 
  24. Manusia, Teknologi,  Sains, Kebutuhan Dasar Manusia, Penciptaan Material, Menciptakan Kekayaan
  25. Definisi Teknologi Informasi  | Definisi Informasi  | Sejarah Teknologi Informasi | Peranan Teknologi Informasi Bagi Kehidupan Manusia | Dampak Kemajuan Teknologi Informasi
  26. Dengan Kompor Biogas maka secara ekonomi pengeluaran perbulan dapat dihemat | Proses Produksi Energi Biogas
JARINGAN
  1. Mengenal Alat Komunikasi Pada Masa Sejarah
  2. Kemajuan Teknologi Komunikasi Seiring Perkembangan Zaman
  3. Buku Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas XI
  4. Smartphone 4G Harga Dibawah 3 Jutaan Rupiah
  5. 9 Tips Pengawet Baterai Handphone Android
  6. Persaingan Teknologi Smartphone 4G LTE
  7. Teknologi Komunikasi, Apple, iPhone, Sony, kode IMEI, Xperia F8331 Trend Pencarian Colombia
  8. Lenovo Vibe C2, Samsung Galaxy J2
  9. Pertumbuhan Teknologi Aplikasi Handphone Android
  10. Sejarah Perkembangan Teknologi Mesin Faximile
  11. Perkembangan Teknologi Televisi
SMARTPHONE
  1. Samsung Galaxy A51 | Desain Makin Cantik dengan Punch Hole Display  | Pertama Bawa One UI 2 | Performa Masih Bisa Diadu | 4  Kamera Utama + 1 Kamera Selfie
  2. Inilah 7 Smartphone Quad Camera Termurah Di Pasar Buat Kamu Yang Hobee Selfie Atau Games Untuk Di Upload Sosial Media
  3. Kamera Quad Buyer | Sensor CMOS IMX586 | Cara Kerja Sensor Quad Bayer
  4. Ketika 5G Diharapkan Bisa Mendorong Penjualan Perangkat |  Pasar PC Global Bakal Terus Menurun
  5. Tes Realme 5i,  Desain  Layar 6.5 Inci "Mini Drop",   OS, Antarmuka, dan Security,   Quad-Camera 12 MP,   Snapdragon 665
  6. Gadget Yang Cocok Untuk Para Pembuat Content Creator  Dalam Berkreasi
  7. Smartphone Satu Jutaan Berbaterai Jumbo Paling Baru
  8. Xiaomi Mi Note 10 Pro vs Samsung Galaxy A71 "Kamera, Performa atau Fitur Bawaan?
  9. Kebutuhan Pasar Akan Produk Samsung Galaxy Note10 Lite
  10. Virus Smartphone, Menguras Rekening Bank,  SMS Lewat Malware, Cara Melindungi diri 
  11. Keunggulan Samsung Galaxy A22 5G Terbaru 
  12. Pasar Perangkat Lunak | Kerja Jarak Jauh 
  13. OnePlus 10T Marvel Edition akan diluncurkan di India selama akhir pekan, inilah yang ada di dalam kotak
TEKNOLOGI ASTRONOMI
  1. Perkembangan Teknologi Media Elektronik Telegraf
  2. Teknologi Elektronik Untuk Mendapatkan Tegangan DC
  3. Produk Rekayasa Pembangkit Listrik Sederhana
  4. Rekayasa | Peluang Usaha Elektronika Praktis | Elektronik Praktis | Uang Elektronik | Pengertian Elektronika Praktis | Aneka Jenis Alat Elektronika Praktiis dan Manfaatnya
  5. Sumberdaya Usaha | Alat Elektronika Praktis | Keindahan Layar LED Raksasa | Komponen Elektronika
  6. Proses Produksi | Alat Elektronika Praktis | Standar Proses Produksi | Mendesain | Kualitas Produk Elektronika Praktis Langkah Keselamatan Kerja Alat Elektronika Praktis
  7. Rekayasa dan Wirausaha Alat Elektronika Dengan Kendali Otomatis
  8. Sumber Daya Karya Rekayasa Elektronika dengan Kendali Otomatis
  9. Pengertian dan Perkembangan Teknologi Radio
  10. Pengertian, Fungsi Resistor, Nama Resistor, Simbol Resistor
  11. Sound System, Beda Surround Dolby Atmos dan Surround Tradisional
  12. Pembangkit Listrik | Tenaga Angin | Desain Produk | Alat Pendukung Produk
TEKNOLOGI FOTOGRAFI
  1. Teknologi Kamera Mirrorless Leica
  2. Perkembangan Teknologi Fotografi Dari Masa Penemuannya
  3. Sejarah Perkembangan Fotografi di Indonesia
  4. Hubungan Seni dan Kreativitas Dengan Fotografi
TEKNOLOGI INDUSTRI
  1. Bioteknologi Pangan Untuk Meningkatkan Hasil Produksi Pertanian
  2. PENGGUNAAN MINYAK DAN LEMAK DALAM BIDANG NON PANGAN
  3. Bioteknologi Pertanian Meningkatkan Hasil Pangan
  4. Negara Yang Punya Teknologi Pertanian Terbaik
  5. Cara Amerika Serikat, Dalam Memajukan Teknologi Pertanian, Kacang Kedelai
  6. Teknologi Baru Peternakan Sapi Tanpa Cari Rumput
  7. Cara Meningkatkan Produksi Biogas Berlipat Ganda
  8. Pengertian, Teknologi, Industri, Jenis, Manfaat, Keunggulan
  9. Tren Industri Teknologi, Pengaruh Teknologi Industri, Pertumbuhan Teknologi Industri
  10. Teknologi Mengolah Sampah | Cara lama tidak efisien | Bermula dari beasiswa | Limbah medis jadi perhatian | Teknologi Pirolisis | Mengubah Plastik Jadi Bahan Bakar Cair
TEKNOLOGI INFORMASI
TEKNOLOGI PENDIDIKAN